Header Ads Widget

Cara Menggunakan UniPatcher

UniPatcher icon


Pada postingan kali ini saya akan jelaskan cara patch ROM di Android menggunakan aplikasi UniPatcher, aplikasi ini fungsinya untuk menerapkan file patch kedalam ROM game dari berbagai konsol seperti GBA, NES, SNES, NDS, N64, PSP dan lain-lain. File patch ini biasanya berisi data game yang telah dimodifikasi, misalkan level game yang telah di edit, mengganti sprite karakter dan juga menerjemahkan game berbahasa Jepang kedalam bahasa Inggris.

Untuk tipe format yang didukung UniPatcher saat ini adalah IPS, IPS32, UPS, BPS, APS (GBA), APS (N64), PPF, DPS, EBP, dan XDelta 3. Kalian bisa mendapatkan file patch hack dan file patch untuk translasi bahasa di website yang menyediakan file patch tersebut, salah satunya adalah RomHacking.net

- Link file patch untuk translasi bahasa http://www.romhacking.net/translations

- Link file patch untuk game hack http://www.romhacking.net/hacks


Catatan: Sebelum melakukan patching ROM baca terlebih dahulu file ReadMe yang biasa berada di dalam berkas yang bersamaan dengan file patch tersebut.

Biasanya ROM harus memiliki syarat tertentu sebelum di patch, seperti misalnya syarat ROM harus memiliki Header atau ROM yang unheadered, atau ROM tersebut harus di expand terlebih dahulu, atau juga syarat ROM tersebut harus sesuai dengan versi tertentu, contoh seperti ROM Super Mario Bros SNES yang memiliki berbagai versi "Super Mario World (E) (v1.0).smc" dengan "Super Mario World (E) [!] (v1.1).smc" dan juga yang paling terpenting cek file hash CRC32 dan MD5 dari ROM tersebut apa sesuai dengan persyaratan dari file patch tersebut.

Apabila tidak sesuai dengan persyaratan maka ROM yang telah dipatch tersebut akan corrupt atau error.


Cara Patch ROM di Android Menggunakan UniPatcher

Pertama siapkan ROM Base (ROM Original) yang akan di patch beserta file patchnya, apabila file patch dan ROM nya terkompres zip, rar atau 7z maka ekstrak terlebih dahulu.
Sebagai contoh saya ingin patch ROM game "Captain Tsubasa Vol. II - Super Striker (J).nes" ke dalam bahasa Inggris, dan file patch nya "Captain Tsubasa Vol. II - Super Striker (J).ips" berformat IPS (International Patching System)

1) Buka aplikasi UniPatcher.

2) Klik pada bagian "Patch file" , lalu cari lokasi dimana kalian menyimpan file patch ips-nya (contoh: Captain Tsubasa Vol. II - Super Striker (J).ips)


Unipatcher Patch file


3) Kemudian klik pada bagian "ROM file" dan pilih ROM tersebut yang akan di patch (contoh: Captain Tsubasa Vol. II - Super Striker (J).nes)


Unipatcher ROM File


4) Terakhir klik lingkaran berwarna merah yang berada di bagian paling bawah, maka dengan ini patchnya akan diproses.


Unipatcher



Setelah proses patch nya selesai maka ROM sudah patched kedalam bahasa Inggris.


Captain Tsubasa NES


Posting Komentar

5 Komentar

AF Jackaurevoir mengatakan…
kalo cara buat file ups nya gimana gan? aku cuma bisa buat file patch xdelta nya aj klo pke aplikasi itu.
Rue mengatakan…
Pakai ini gan untuk buat file patch ups

http://www.romhacking.net/utilities/519/
Youngky mengatakan…
Min, ada kontak nggak? Saya coba tapi ga bisa. Apa bisa bantu game saint seiya nes. Untuk english subtitles
Youngky mengatakan…
Tolong bantu untuk game saint seiya versi English
Lynx mengatakan…
Saint saiya ougun densetsu di patch pakai rom yang ini

Les Chevaliers Du Zodiaque (F) [!]